'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Assessment Partisipatif Di Desa Bobol Kecamatan Sekar
30 November 2022 12:49 WIB | dibaca 43

Asesmen partisipatif di Desa Klino dilaksanakan selama 2 hari yakni, mulai hari senin tanggal 21 November 2022 sampai dengan hari Selasa tanggal 22 November 2022. Asesmen pasrtisipatif ini diikuti oleh 12 peserta yang terdiri dari 1 kader inklusi kecamatan, 5 kader inklusi desa Klino dan 6 anggota Balai Sakinah ‘Aisyiyah atau penerima manfaat. Dengan dilibatkannya para penerima manfaat ini, diharapkan program inklusi yang akan dijalankan ini berbasis masalah yang dihadapi oleh penerima manfaat maupun kebutuhan penerima manfaat secara khusus dan masyarakat secara luas.

Asesmen dilaksanakan dengan pembagian peserta menjadi 3 (tiga kelompok). Asesmen partisipatif ini menggunakan 4 metode yaitu, pohon masalah, analisis social ekonomi, analisis daily routine, dan Transect Walk. Pada hari pertama, peserta melakukan diskusi dengan menggunakan metode pohon masalah untuk memetakan masalah, dampak, factor penyebab, akar masalah isu stunting, perkawinan anak dan kemiskinan. Setelah analisis pohon masalah selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Setelah analisis pohon selesai, peserta pada masing-masing kelompok, melakukan analisis social ekonomi. Pada metode ini kader desa melakukan wawancara kepada anggota Balai Sakinah ‘Aisyiyah dan mempresentasikannya. Selanjutnya, peserta melakukan analisis daily routine (aktivitas sehari-hari). Pada metode ini kader desa melakukan wawancara kepada anggota Balai Sakinah ‘Aisyiyah dan mempresentasikannya

Pada hari kedua, dengan komposisi kelompok yang sama peserta melakukan Transect Walk. Kelompok 1 mengamati dan menggali data tentang stunting, Kelompok 2 mengamati dan menggali data tentang perkawinan anak, dan kelompok 3 mengamati dan menggali data tentang kemiskinan. Ketiga kelompok melewati rute yang berbeda. Saat dalam perjalanan, peserta mencatat fasilitas umum dan sumberdaya alam yang ditemui disepanjang rute yang dilalui. Selanjutnya, peserta melakukan wawancara dan menggali data kepada narasumber sesuai dengan focus isu masing-masing. Setelah selesai, peserta Kembali ke TK Tunas Harapan untuk menggambar rute serta menulis hasil transect walk lalu mempresentasikannya.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari